English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified twitterfacebookgoogle plusrss feedemail

Korupsi jangan dijadikan budaya! Pilih pemimpin yang cinta rakyat, bukan cinta kekuasaan! Bagian Iklan Hubungi (021)27101381 - 081385386583


Sabtu, 01 Agustus 2009

De Koeliner Jatibening: Coba Jadi Market Leader Wisata Kuliner

Lokasi Strategis, Harga Ekonomis, Produk Populis, Promosi Minimalis?


Bekasi, kelanakuliner.com
Bagaimana merebut perhatian di tengah ramainya usaha kuliner yang kian marak di kota pendukung metropolitan seperti Bekasi? Adalah De Koeliner yang memiliki lokasi sangat strategis, dengan konsep jajanan serba ada berbandrol harga ekonomis, ditambah produk sajian makanan yang populis (sayangnya nggak ngetop abis) tapi dalam hal promosi mereka masih minimalis. Bahkan terkesan masih belum berani lakukan gebrakan yang bila perlu heboh sekalian.

Mengambil istilah satu teman dekat saya, Agung KN, seorang pengusaha kuliner Burger Batok yang juga sedang dan sudah menulis buku Narketing, strategi penasaran sebuah produk jadi unggulan pasar. Harap Anda perhatikan kata yang saya maskud. Bukan Marketing, tapi justru Narketing. Bukan pemasaran tapi malah penasaran. (hehehehehe baca judul bukunya aja gue berani taruh, pasti orang ketawa ngikik).

De Koeliner tidak melakukan apa yang disebut dengan teknik Narketing (Penasaran) yang Efektif. Karena boleh jadi dengan investasi bangunan di atas luas tanah 1200 meter persegi akan menjadi terlalu mahal bila tidak melakukan apa-apa yang perlu dan harus dilakukan untuk merebut pasar. Untuk mendapatkan perhatian orang saja, saya kira akan sulit, karena dari lokasi yang ada di persimpangan jalan di wilayah Jatibening yang aksesnya sebenarnya bagus. Tapi apakah ada keunikan dan sesuatu yang HEBOH dan mampu membuat orang untuk penasaran sertaaaaaaaaaaa datang....! (sori huruf a-nya kebanyakan, bukan salah ketik tapi sengaja).

Bahasa kasar dan nyakitinnya adalah "Siapa yang mau datang melihat dan kalau bisa mau jajan di De Koeliner?" Kalau sang pemilik atau pengelola mau sedikit meluangkan waktu dan belajar lebih sabar, apalagi menjelang pembukaan pujasera itu yang semulanya direncanakan pada tanggal 4 September 2009. Ngapain harus bikin acara yang banyak mengeluarkan anggaran "mubazir" dan terlalu mahal, kalau bisa dengan sekian juta rupiah membuat sesuatu yang HEBOH bombastis atau nyeleneh dan membuat orang "menengok" kemudian penasaran baru tertarik untuk membeli.

Dari konsep promo yang dilakukan, hanya melalui media promosi below the line, seperti flyer, brosur, leaflet, giant banner atau baliho kemudian above the linenya hanya melalui media tabloid lokal untuk komunitas tertentu. Sangat minimalis, bahkan terkesan salah alokasi. Namun begitu, De Koeliner memang mempunyai peluang besar jadi tempat alternatif pusat jajanan dan tongkrongan asyik bagi kalangan tertentu. Nah yang jadi pertanyaannya adalah, siapa "kalangan tertentu" ini?


Bila target pasarnya adalah family oriented dan remaja (teenagers) atau ABG maka bisa jadi ada kesalahan strategi komunikasi. Saat saya bertemu dengan General Manager De Koeliner, Yoga, mengungkapkan bahwa persiapan secara teknis sudah dilakukan mulai dari hal-hal yang bersifat teknis semenjak beberapa bulaan yang lalu. Namun untuk persiapan promosi dan pembukaan, ia memang belum mau membeberkan apa yang akan dilakukan nanti. Sepertinya hal itu akan dilakukan saat rekan-rekan wartawan yang hadir pada tanggal 4 September mendatang hadir dan dijadikan sebagai sesuatu yang mengejutkan. (Ceritanya mungkin hendak membuat sesuatu yang very surprising.... hmmm bisa jdi berhasil seh).

Akan tetati (maaf saking bingungnyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa gue jadi salah tulis....) ada hal-hal yang tampaknya memang belum dan mungkin malah tidak dilakukan oleh pihak manajemen De Koeliner. Setidaknya para wartawan atau calon pelanggan perdana nanti harus mendapatkan kesan mendalam dan tak terlupakan yang kalau perlu bikin penasaran.... bakalan ada apa seh di De Koeliner?

Sayang tulisan ini harus berlanjut nanti.... sabar ya!
Sidik Rizal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gule Kepala Ikan Tjimande

Label

American Cuisine Andrea Hirata Aneka Bebek Aneka Es Aneka Juice Aneka Jus Aneka Sambal Aneka Sambel Aneka Snack Aneka Soto Angkringan Appetizer Asian Asinan Ayam Bakar Ayam Bakar Madu Ayam Bakar Tusuk Ayam Goreng Ayam Goreng Tulang Lunak Ayam Kremes Ayam Penyet Bakery Bakmi Bakso Bakso Daging Sapi Bakso Gepeng Bakso Gondrong Bakso Granat Bakso Lontong Bakso Lontong Kari Bakso Malang Bakso Sapi Bakso. Khas Malang Baso Bebek Bakar Bebek Bakar Madu Bebek Goreng Bebek Goreng Surabaya Bebek Penyet Bebek Presto Beef Kebab Beef Steak Beriani Bihun Ayam Bika ambon Medan Bolognese Bom Sepeda Briani Brownies Bubur Ayam Burger Burung Puyuh Goreng Cafe Cafetaria Cake Cangkru'an Carbonara Catering Ceker Ayam Cemilan Chef Chicken Chicken Kebab Chicken Steak Chinese Chocolate Chocolate Cake Chuross Coffee Shop Crepes Dapur Dawet Ayu Dimsum Dodol Dodol Buah Dodol Nanas Donat Eropa Es Cendol Es Kacang Merah Es Lohan Es Pocong Es Pulo Hantu Es Sarang Kuntilanak Es Sarkun Fadel Muhammad Family Karaoke Family Resto Fettucini Food Court Gabus Pucung Gado-Gado Grilled Gudeg Gule Gule Kambing Halal Hotdog Hotplate Ibu Negara Iga Penyet Iga Sapi Ikan Ikan AIr Tawar Ikan Bakar Ikan Laut Indomie Rebus Indonesian Cuisine Internasional. Khas Jepang International Juice Jus Sehat Kangkung Karaoke Resto Kari Kari Kambing Kebab Kedai Pizza Kementrian Kelautan dan Perikanan Kepiting Lemburi Kepiting Soka Kerupuk Ketoprak Khas Aceh Khas Bali Khas Bandung Khas Bangka Khas Banyuwangi Khas Bekasi Khas Belanda Khas Belitung Khas Betawi Khas Bogor Khas Boyolali Khas Brazil Khas Itali Khas Jawa Tengah Khas Jawa Timur Khas Jimbaran Khas Jogja Khas Kalasan Khas Kalimantan Khas Madura Khas Makassar Khas Malang Khas Maluku Khas Melayu Khas Melayu Medan Khas Mexico Khas Minang Khas Minangkabau Khas Nusantara Khas Palembang Khas Pasundan Khas Pemalang Khas Riau Khas Solo Khas Sumatera Khas Sunda Khas Surabaya Khas Timur Tengah Khas Tradisional Khas Wonogiri Khas kalimantan Timur Kompas Kopi Kopi Luwak Kopi Telor Kuliner Populer Kupat Tahu Kwetiaw Ayam Lele Bakar Lesehan Liputan Media Lobby Lontong Lontong Kari Lontong Medan Lounge Martabak Martabak Kubang Martabak Manis Martabak Spesial Martabak Telor Masakan Indonesia Masakan Nusantara Menu Unggulan. Mie Mie Aceh Mie Ayam Mie Ayam Bakso Mie Ayam Bangka Mie Ayam Pangsit Mie Belitong Mie Jogja Mie Keling Mie Seafood Mie Udang Mini Lounge Minuman Miso Nachos Nasi Bebek Nasi Beriyani Nasi Goreng Nasi Goreng Padang Nasi Kebuli Nasi Kemang Nasi Kuah Ayam Nasi Kuah Kambing Nasi Liwet Nasi Pecel Nasi Rames Nasi Timbel Nasi Uduk Office Oleh-oleh Oriental Original Pizza Pakar Kuliner Papeda Pasta Pastel Pastry Patin Bakar Pecel Pecel Lele Pecel Lele Lela Pecel Madiun Pedas Pemancingan Pempek Palembang Pisang Bakar Pizza Pizza Asli Itali Pizza Buatan Rumahan Itali Pizza Murah Pizza Orisinal Pool Pujasera RESTO Raja Hiu Rangga Umara Rawon Rendezvous Resep Asli Pizza Itali Resto Karaoke Resto Keluarga Restoran Ribs Roti Roti Bakar Roti Cane Roti Maryam Rujak Cingur Sambel Ijo Sambel Korek Sambel Panyet Sambel Pencit Sambel Petir Sambel Terasi Sang Pemimpi Sate Sate Afrika Sate Ayam Sate Balibul Sate Batibul Sate Blora Sate Domba Sate Kambing Sate Kambing Madu Sate Kambing Muda Sate Kiloan Sate Padang Sate Sapi Sate Tegal Saung Saung Sunda Seafood Serabi Shahrazad Shahrazad Indonesia Shisha Siomay Sirloin Steak Snack Somay Sop Sop Buah Sop Buntut Sop Ceker Sop Iga Sop Ikan Sop Kaki Kambing Sop Kambing Sop Kimlo Sop Konro Sop Padang Soto Soto Ayam Soto Banjar Soto Batok Soto Belut Soto Betawi Soto Dendeng Soto Kaki Sapi Soto Kambing Soto Mie Bogor Soto Padang Soto Sapi Spaghetti Spesialis Nasi Sponsor Steak Steak Gaul Tahu Tempe Bacem Tahu Tempe Penyet Teh Poci Teh Poci Tegal Teh Telor Tenderloin Steak Tengkleng Tongseng Tradisional Wartakota Warung Warung Pizza Western Cuisine Zuppa waralaba

KelanaKuliner.-

waralabawaralaba.com