English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified twitterfacebookgoogle plusrss feedemail

Korupsi jangan dijadikan budaya! Pilih pemimpin yang cinta rakyat, bukan cinta kekuasaan! Bagian Iklan Hubungi (021)27101381 - 081385386583


Sabtu, 19 Juni 2010

Bebek Kaleyo Buaran Duren Sawit - Baru Buka Sudah Rame Diserbu

BEBEK GORENG BIASA yang punya BUMBU SEANTERO NUSANTARA

Buaran Klender - profilusaha.blogspot.com
Petualangan kali ini kelanakuliner mengajak kolega, salah seorang kru inti dari Bengkel Kuliner. Sebagai sasaran kuliner, kami memilih Bebek Kaleyo Buaran. Pertama kali kami datang, kamis sudah disambut lumayan hangat. Namun  sepertinya penghargaan mereka terhadap wartawan kuliner kurang begitu mewah.
Kenapa kurang mewah? Apa mungkin karena orang sekelas Bondan Winarno sudah pernah berkunjung ke cabang Bebek Kaleyo lainnya? Arggghhhh itu kan yang di Rawamangun. Nggak begitu juga deh kalo Bebek Kaleyo Buaran yang baru buka kurang dari satu tahun ini.

Memang masalah kualitas rasa bebek goreng yang saya pesan nggak perlu diragukan lagi. Seperti sebagian besar orang yang pernah mencobanya. Bebek Kaleyo memang maknyosssss! Malah ada yang meng-klaim Bebek Kaleyo Bukan Bebek Biasa (Hwalah? Hihihihihi...mosok seh??) Intinya keinginan saya untuk bertemu dengan sang pemilik yang biasanya meliburkan diri di hari Minggu ini karena waktunya ibadah, membuat saya harus mengatur ulang janji ketemu agar bisa mewawancarai mereka (kok mereka? Yah mungkin aja bisa wawancarai pasangan suami istri pemilik Bebek Kaleyo)

Sebagai gantinya dan nggak bikin gigit jari karena paling enggak itu buat bahan tulisan, saya mewawancarai sang supervisor Bebek Kaleyo Buaran. (Mestinya dia saya sebut manajer kale yah?) Paling nggak, dia menceritakan kenapa namanya Bebek Kaleyo. Kaleyo dimungkinkan adalah istilah dalam bahasa Jawa yang berarti LagiYah? (Atau Dua Yah... biasanya para pedagang makanan di Jawa tengah atau Jogja kalo menawarkan makanan selalu menggunakan kata ini untuk memancing pelanggan agar datang kembali. Kaleyo bisa juga berarti Kaleh yo? Dua kali ya? Atau Dua yah?)

Terlepas dari masalah namanya yang memang sudah begitu populer. Kelanakuliner melihat bahwa menu sajian bebek goreng di Kaleyo memang sangat komplit. Mungkin bumbu dari Sabang sampai Merauke ada kale? Kenapa gitu? Lihat saja sambelnya mulai dari sambel Tanah Abang sampai Sambel Rawa Bangke ada di Resto Bebek Kaleyo.

Pak Bondan sendiri bilang inilah rahasia suksesnya Bebek Kaleyo, yakni Produk, Produk dan Produk. Yang berarti kualitas rasa Bebek kaleyo memang belum ada duanya dibandingkan dengan sajian menu resto bebek sejenis. Termasuk masalah ramainya. RM Bebek Kaleyo yang baru buka di Buaran saja, sudah diserbu pengunjung dari kali pertama buka. (Gue seh kalo mau bikin Bebek Kaleyo ini gak rame juga bisa, entah kalo bikin rame... Kayaknya gak semua orang bisa seberuntung pengusaha RM Bebek Kaleyo).

Tapi yang bikin kelanakuliner kecewa adalah pelayanannya. Karena saat saya bayar di kasir, pesanan bebek goreng bumbu sambel dan gorengan isi jeroan pesanan saya (Rempela, Hati dan Usus) lupa nggak dimasukkan ke dalam bungkusan take away. Padahal sewaktu pemesanan untuk dibawa pulang sang supervisor sudah menanyakan, apa mau ditambah sate jeroan. Sepertinya karena kelalaian bagian dapur dan kasir untuk mencatat, pesanan yang saya bawa hanya bebek goreng bumbu aneka sambel minus jeroan goreng kesukaan kelanakuliner. Ah forget it.....! Belum rezeki gue kale!
Terlepas dari pelayanan Bebek Kaleyo Buaran (bon transaksinya masih gue simpen... heheheh itu kalo nggak ilang dari dompet), kualitas rasa sambel dan bebek gorengnya memang luar biasa. Serasa makan langsung di makanan khas Kartosuro Solo atau khas Jawa Timur (termasuk sensasi serasa kita melayang dan terbang ke Jogja saat makan bebek gorengnya... hihihi lebay banget gak seh bahasa gue? Hiperbolis aja kale?)

By the way, kolega gue, Bunga Lily mengomentari bahwa bebek gorengnya pas banget rasanya dengan sambel korek khas Kartosuro. Jadi inget sama bebek goreng dari Solo itu deh... hmmmmm bener juga, ketika saya menyuir potongan daging dan menyuapkannya ke dalam mulut lapar ini.... hmmmm ajiiiib rasantya memang ajaib! (Tapi nggak terlalu ajaib banget seperti yang lo kira lah). Kayaknya perlu diadu sama Bebek Bentu, yang ada di Cempaka Putih neh? Atau Bebek Ginyo yang ada di Tebet. Atau perlu nggak yah gue adu sama Bebek Midio sekaligus Bebek Ireng Cak Baz? Wah.... Kayaknya kelengkapan Bebek Kaleyo bisa sebanding dengan kesemua resto bebek itu dijadikan satu. Tapi masalah rasa, yah relatif sama lah! (Lah kalo nggak ada perbedaannya dan sama aja, lalu apa istimewanya ditulis di kelanakuliner? Pertanyaan yang nggak bisa gue jawab)

Intinya, masalah rasa oke lah sama dan nggak beda jauh dengan yang ada di resto-resto bebek lainnya, namun masalah kelengkapan bumbu sambel, mungkin sementara waktu ini Bebek Kaleyo yang berasal dari Jogja ini masih teratas. Nggak percaya... Periksa aja sendiri. Atau baca tulisan kelanakuliner tentang Bebek Bentu (bukan bebek Bentuman loh! Jelas beda). Untuk reservasi tempat silakan menghubungi (021)9346.1965

Rekomendasi bintang? Yah paling cuma 3 bintang (***) nggak lebih dan gak kurang dari skala 5 bintang. Tapi memang patut dikunjungi serta dicoba!

Sidik Rizal - kelanakulinerbekasi.blogspot.com

Tulisan terkait

BEBEK KALEYO MAKNYUSSS
Sumber AatBlogs

Pernah merasakan makan bebek ?.. ya,.. makanan ini memang sekarang lagi booming banget. Sampai sampai hampir di pelosok tempat makan dan restoran menyajikan menu bebek. Apa sih yang membuat kamu tertarik sama bebek ?.. bumbunya ?… rasa bebeknya ?… Tapi kalau kamu mau merasakan betapa bumbu (sambel) dan perpaduan daging bebek yang wuuueeenak banget,.. kamu HARUS coba bebek kaleyo.

Banyak masakan bebek yang dagingnya terasa masih agak keras dan berbau sedikit amis. Tapi jangan harap hal itu kamu temukan di bebek kaleyo. Rasa bebeknya benar benar gurih dan daginya sama sekali tidak amis. Tidak heran tempat makan yang buka dari senin – sabtu ini selalu dipadati pengunjung. Jadi kalau kamu berniat untuk makan siang disini, datanglah minimal setengah jam lebih awal karena dijamin paling tidak selama setengah jam tersebut kamu tidak akan mendapatkan tempat duduk.

Bebek kaleyo memiliki tiga pilihan menu bebek. Yaitu bebek Bakar, bebek Cabe Ijo dan bebek Goreng Crispy. Ketiga tiganya sama enak. Tapi secara pribadi gw lebih suka bebek Goreng Crispy atau Bebek Cabe Ijo. Belakangan, kaleyo juga menyediakan menu yang sama namun dengan pilihan daging ayam. Untuk yang satu ini, gw memang belum pernah merasakannya, jadi blum bisa diberi rekomendasi.

Cara memesan sama dengan kebanyakan restoran. Setelah kita duduk, petugas pemesanan akan datang dan mencatat segala pesanan kita. Untuk nasi, bisa dipilih apakah ingin nasi uduk atau nasi biasa. Jangan lupa juga untuk memesan tahu dan tempenya agar pesanan kita benar benar lengkap. Sekitar 15 menit kemudian barulah pesanan bebek yang kita inginkan datang.

Bebek yang datang disajikan dalam piring rotan dengan diberi alas kertas coklat lengkap dengan pesanan plus bonus lalapan. Di meja juga dihidangkan sambal tambahan untuk cocolan tahu tempe dan bebek krispi. Begitu suapan pertama masuk dengan lauk komplit bebek + lalapan + tahu dan sambel,.. sangat,… sangat,… berasa enaknya. Belum lagi ukuran bebeknya yang terbilang lumayan besar. Jadi kalau makan bebek disini, gw nggak pernah tuh mesen dada, cukup paha aja karena memang porsi paha sudah cukup untuk menghabiskan seporsi nasi.

Bebek Kaleyo merupakan solusi paten buat kamu yang ingin mencoba menu bebek untuk makan siang. Dengan harga tidak lebih dari Rp. 20.000,- per porsi (sudah termasuk Nasi Uduk, bebek, Tahu + Tempe, dan es teh manis). Termasuk murah untuk ukuran bebek yang enak.

Bebek Kaleyo ternyata juga punya cabang loh, yaitu di daerah Pulomas. Tepatnya di jalan samping Plaza Dwima, sekitar 200 meter masuk ke dalam. Tapi yang satu ini khusus hanya buka diatas jam 17:30. Gw doain aja deh semoga bebek ini ke depannya terus berkembang dan akhirnya bisa buka di daerah Pamulang. He.. he.. he…

Jadi jangan lupa kalau kamu ada didaerah rawamangun dan sekitarnya, jangan lupa untuk mampir kesini. Tapi gw saranin sih kalau mau makan di bebek kaleyo, jangan menggunakan mobil pribadi karena tempat parkirnya termasuk susah (pasti sudah penuh). Nah untuk bebek seenak ini rasanya nggak berlebihan donk kalau aatblog memberikan nilai 9/10 6/10 yang berarti Very High Recommended.

1 komentar:

  1. After I’ve been exposed to Bandung foods, I’ve been a duck mania. Before all the duck-boom (every new restaurants in Jakarta seems to serve fried ducks recently), I’ve been the number#1 fan of Bebek Goreng Darmo in Bandung. Unfortunately, ever since I remigrate to Jakarta, I haven’t had much success having Darmo again. Every time I went to Bandung, so far I have failed in every ocassion to say hello to that yummy, dark-fried, tender duck meat and that awesomely yummy chili sauce. Seriously, Defa and I have the same BAD habit when eating Darmo, we would literally suck every single duck juice off the bones. Even the most hungry cats won’t be able to find any meat from our meals. Hiks, I miss Darmo BADLY. AWFULLY. Help.

    So when Mikey and Rika suggested one day that we should have lunch in Bebek Goreng Suryo (@Jl. Senopati), I was literally beaming with an immense sense of nostalgia. YES PLEASE!

    BalasHapus

Gule Kepala Ikan Tjimande

Label

American Cuisine Andrea Hirata Aneka Bebek Aneka Es Aneka Juice Aneka Jus Aneka Sambal Aneka Sambel Aneka Snack Aneka Soto Angkringan Appetizer Asian Asinan Ayam Bakar Ayam Bakar Madu Ayam Bakar Tusuk Ayam Goreng Ayam Goreng Tulang Lunak Ayam Kremes Ayam Penyet Bakery Bakmi Bakso Bakso Daging Sapi Bakso Gepeng Bakso Gondrong Bakso Granat Bakso Lontong Bakso Lontong Kari Bakso Malang Bakso Sapi Bakso. Khas Malang Baso Bebek Bakar Bebek Bakar Madu Bebek Goreng Bebek Goreng Surabaya Bebek Penyet Bebek Presto Beef Kebab Beef Steak Beriani Bihun Ayam Bika ambon Medan Bolognese Bom Sepeda Briani Brownies Bubur Ayam Burger Burung Puyuh Goreng Cafe Cafetaria Cake Cangkru'an Carbonara Catering Ceker Ayam Cemilan Chef Chicken Chicken Kebab Chicken Steak Chinese Chocolate Chocolate Cake Chuross Coffee Shop Crepes Dapur Dawet Ayu Dimsum Dodol Dodol Buah Dodol Nanas Donat Eropa Es Cendol Es Kacang Merah Es Lohan Es Pocong Es Pulo Hantu Es Sarang Kuntilanak Es Sarkun Fadel Muhammad Family Karaoke Family Resto Fettucini Food Court Gabus Pucung Gado-Gado Grilled Gudeg Gule Gule Kambing Halal Hotdog Hotplate Ibu Negara Iga Penyet Iga Sapi Ikan Ikan AIr Tawar Ikan Bakar Ikan Laut Indomie Rebus Indonesian Cuisine Internasional. Khas Jepang International Juice Jus Sehat Kangkung Karaoke Resto Kari Kari Kambing Kebab Kedai Pizza Kementrian Kelautan dan Perikanan Kepiting Lemburi Kepiting Soka Kerupuk Ketoprak Khas Aceh Khas Bali Khas Bandung Khas Bangka Khas Banyuwangi Khas Bekasi Khas Belanda Khas Belitung Khas Betawi Khas Bogor Khas Boyolali Khas Brazil Khas Itali Khas Jawa Tengah Khas Jawa Timur Khas Jimbaran Khas Jogja Khas Kalasan Khas Kalimantan Khas kalimantan Timur Khas Madura Khas Makassar Khas Malang Khas Maluku Khas Melayu Khas Melayu Medan Khas Mexico Khas Minang Khas Minangkabau Khas Nusantara Khas Palembang Khas Pasundan Khas Pemalang Khas Riau Khas Solo Khas Sumatera Khas Sunda Khas Surabaya Khas Timur Tengah Khas Tradisional Khas Wonogiri Kompas Kopi Kopi Luwak Kopi Telor Kuliner Populer Kupat Tahu Kwetiaw Ayam Lele Bakar Lesehan Liputan Media Lobby Lontong Lontong Kari Lontong Medan Lounge Martabak Martabak Kubang Martabak Manis Martabak Spesial Martabak Telor Masakan Indonesia Masakan Nusantara Menu Unggulan. Mie Mie Aceh Mie Ayam Mie Ayam Bakso Mie Ayam Bangka Mie Ayam Pangsit Mie Belitong Mie Jogja Mie Keling Mie Seafood Mie Udang Mini Lounge Minuman Miso Nachos Nasi Bebek Nasi Beriyani Nasi Goreng Nasi Goreng Padang Nasi Kebuli Nasi Kemang Nasi Kuah Ayam Nasi Kuah Kambing Nasi Liwet Nasi Pecel Nasi Rames Nasi Timbel Nasi Uduk Office Oleh-oleh Oriental Original Pizza Pakar Kuliner Papeda Pasta Pastel Pastry Patin Bakar Pecel Pecel Lele Pecel Lele Lela Pecel Madiun Pedas Pemancingan Pempek Palembang Pisang Bakar Pizza Pizza Asli Itali Pizza Buatan Rumahan Itali Pizza Murah Pizza Orisinal Pool Pujasera Raja Hiu Rangga Umara Rawon Rendezvous Resep Asli Pizza Itali RESTO Resto Karaoke Resto Keluarga Restoran Ribs Roti Roti Bakar Roti Cane Roti Maryam Rujak Cingur Sambel Ijo Sambel Korek Sambel Panyet Sambel Pencit Sambel Petir Sambel Terasi Sang Pemimpi Sate Sate Afrika Sate Ayam Sate Balibul Sate Batibul Sate Blora Sate Domba Sate Kambing Sate Kambing Madu Sate Kambing Muda Sate Kiloan Sate Padang Sate Sapi Sate Tegal Saung Saung Sunda Seafood Serabi Shahrazad Shahrazad Indonesia Shisha Siomay Sirloin Steak Snack Somay Sop Sop Buah Sop Buntut Sop Ceker Sop Iga Sop Ikan Sop Kaki Kambing Sop Kambing Sop Kimlo Sop Konro Sop Padang Soto Soto Ayam Soto Banjar Soto Batok Soto Belut Soto Betawi Soto Dendeng Soto Kaki Sapi Soto Kambing Soto Mie Bogor Soto Padang Soto Sapi Spaghetti Spesialis Nasi Sponsor Steak Steak Gaul Tahu Tempe Bacem Tahu Tempe Penyet Teh Poci Teh Poci Tegal Teh Telor Tenderloin Steak Tengkleng Tongseng Tradisional waralaba Wartakota Warung Warung Pizza Western Cuisine Zuppa

KelanaKuliner.-

waralabawaralaba.com